Tuesday 17 December 2013

MAKALAH EKOSISTEM DANAU


BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Bagian bumi yang ditempati oleh makhluk hidup dikenal sebagai biosfer, yang mencakup kawasan darat, udara dan air dari planet bumi. Kawasan biosfer terletak mulai dari 8 km diatas permukaan bumi hingga 8 km dibawah permukaan laut. Organisme hidup menyebar secara tidak merata dalam biosfer dan hanya ada beberapa jenis spesies organisme yang dapat hidup pada permukaan es abadi dikutup utara dan kutup selatan.
Bioma merupakan lingkup biosfer yang besar, komplek dan sulit dipelajari, sehingga para ahli ekologi lebih suka bekerja dengan unit lebih kecil dari biosfer, yang disebut dengan ekosistem. Sebuah ekosistem terdiri atas gambaran fisik kawasan tertentu (faktor abiotik) dan organisme hidup (faktor biotik) yang terdapat dalam kawasan tersebut. Faktor abiotik dalam ekosistem danau antara lain adalah tanah, air, suhu, kelembapan, angin, dan sinar matahari. Sedangkan faktor biotik dalam ekosistem danau adalah semua organisme hidup yang ada dalam ekositem danau tersebut, seperti tumbuhan dan hewan.
Pada dasarnya bioma didunia ini terbagai menjadi 2 yaitu bioma darat dan bioma perairan. Bioma perairan sendiri secara garis besar terbagi menjadi 2, yaitu perairan tenang dan mengalir. Danau merupakan jenis ekosistem perairan yang memiliki air yang tenang atau tidak mengalir. Danau adalah salah satu bentuk ekosistem yang menempati daerah yang relatif kecil pada permukaan bumi dibandingkan dengan habitat laut dan daratan. Keberadaan ekosistem danau juga memberikan fungsi yang menguntungkan bagi kehidupan manusia diberbagai aspek kehidupan (rumahtangga, industri, dan pertanian). 




B.     Tujuan
1.      Tujuan Khusus
Tujuan khusus dalam penulisan makalah ini adalah untuk memenuhi tugas yang diberikan oleh dosen pengampu mata kuliah biologi umum.
2.      Tujuan Umum
Tujuan umum dalam penulisan makalah ini adalah untuk memberitahu kepada pembaca tentang ekosistem danau, komponen ekosistem danau, jenis-jenis ekosistem danau, ciri-ciri ekosistem danau, pembagian daerah dalam ekosistem danau, mafaat dari ekosistem danau, dan cara melestarikan ekosistem danau.






















BAB II
PEMBAHASAN
A.    Pengertian Ekosistem Danau
Ekosistem adalah hubungan antara kumpulan beberapa populasi disuatu tempat yang mengadakan interaksi, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan lingkungan abiotik dan hubungannya adalah timbal balik.
Danau adalah ceruk atau cekungan pada permukaan bumi yang berisi air. Jadi ekosistem danau adalah hubungan beberapa populasi yang hidup disuatu ceruk atau cekungan pada permukaan bumi yang berisi air yang mengadakan interaksi baik secara langsung maupun tidak langsung dengan lingkungan abiotik dan hubungannya adalah timbal balik

B.     Komponen Biotik dan Abiotik Ekosistem Danau
Komponen ekosistem danau tersusun atas komponen hidup (biotik) dan komponen tak hidup (abiotik) yang dapat dijelaskan sebagai berikut :
1.      Komponen Biotik
Komponen biotik dalam ekosistem danau meliputi semua jenis makhluk hidup seperti manusia, hewan, tumbuhan dan mikroorganisme.
a.    Komponen Biotik Danau Berdasarkan Fungsinya
Berdasarkan fungsinya, organisme air tawar dibedakan menjadi 3 macam:
1)      Produsen: terdiri dari golongan ganggang, ganggang hijau dan ganggang biru golongan spermatophyta, misal: eceng gondok, teratai, kangkung, genger,kiambang.
2)      Konsumen: meliputi hewan-hewan, serangga, udang, siput, cacing, dan hewan-hewan lainnya.
3)      Dekomposer/pengurai: sebagian besar terdiri atas bakteri dan mikroba lain.

b.    Komponen Biotik Danau Berdasarkan Kebiasaan Hidupnya Didalam Air
Berdasarkan kebiasaan kehidupan dalam air, organisme air tawar dibedakan atas 5 macam:
1)      Plankton: terdiri atas fitoplankton (plankton tumbuhan) dan zooplankton (plankton hewan), merupakan organisme yang gerakannya pasif selalu dipengaruhi oleh arus air.
2)      Nekton: organisme yang bergerak aktif berenang. Contoh: ikan, serangga air.
3)      Neston: organisme yang beristirahat dan mengapung di permukaan air.
4)      Bentos: organisme yang hidup di dasar perairan.
5)      Perifiton: organisme yang melekat pada suatu substrat (batang, akar, batu-batuan) di perairan.
c.    Berdasarkan Cara Memperoleh Makanan
Berdasarkan cara memperoleh makanan atau energi, dibagi menjadi 2 kelompok:
1)   Organisme autotrof: organisme yang dapat mensintesis makanannya sendiri. Tumbuhan hijau tergolong organisme autotrof, peranannya sebagai produsen dalam ekosistem air tawar.
2)   Fagotrof dan Saprotrof: merupakan konsumen dalam ekosistem air tawar. Fogotrof adalah pemakan organisme lain, sedang Saprotrof adalah pemakan sampah atau sisa organisme lain.
2.      Komponen Abiotik
Komponen-komponen abiotik utama dalam ekosistem adalah sebagai berikut :
a.       Suhu
      Kelembapan dan suhu juga sangat memengaruhi keberadaan suatu organisme dalam suatu ekosistem. Kelembapan dan suhu berpengaruh terhadap hilangnya air yang terjadi melalui penguapan. Setiap organisme memiliki toleransi yang berbeda-beda terhadap suhu dan kelembapan. Suhu terendah yang masih memungkinkan organisme hidup disebut sebagai suhu minimum. Suhu yang paling sesuai dan mendukung kehidupan untuk organisme disebut sebagai suhu optimum, sedangkan suhu tertinggi yang masih dapat ditoleransi atau memungkinkan organisme hidup disebut sebagai suhu maksimum.
      Suhu lingkungan merupakan faktor penting dalam persebaran organisme karena pengaruhnya pada proses biologis dan ketidakmampuan sebagian besar organisme untuk mengatur suhu tubuhnya secara tepat. Sel bisa pecah jika air yang terdapat didalamnya membeku pada suhu dibawah 0oC, dan protein pada sebagian besar organism akan mengalami denutrasi pada suhu diatas 45oC. Selain itu, sejumlah organisme dapat mempertahankan suatu metabolisme yang cukup aktif pada suhu yang sangat rendah atau pada suhu yang sangat tinggi.
b.      Air
      Organism air tawar hidup berendam di dalam suatu lingkungan akuatik, tetapi organisme tersebut menghadapi permasalahan keseimbangan air jika tekanan osmosis air intraselulanya tidak sesuai dengan tekanan osmosis disekitarnya.
c.       Cahaya Matahari
      Matahari memberikan energi yang menggerakkan hampir seluruh ekosistem, meskipun hanya tumbuhan dan organisme fotosintetik. Dalam ekosistem akuatik, intensitas dan kualitas cahaya membatasi persebaran organisme fotosintetik. Setiap meter kedalaman air secara selektif menyerap sekitar 45% cahaya merah dan sekitar 2% cahaya biru yang melaluinya. Sebagai hasilnya, sebagian besar fotositesis dalam lingkungan akuatik terjadi relative didekat permukaan air. Akan tetapi, organisme fotosintetik itu sendiri menyerap banyak cahaya yang menembus air, yang selanjutnya akan mengurangi intensitas dan kualitas cahaya pada air di bawahnya.



d.      Angin
      Angin memperkuat suhu lingkungan pada organisme dengan cara meningkatkan hilangnya panas melalui penguapan (evaporasi) dan konveksi (factor wind-chill atau pendinginan oleh angin).
e.       Batu dan Tanah
      Struktur fisik, pH, dan komposisi mineral batuan serta tanah akan membatasi persebaran tumbuhan dan hewan yang memakannya, sehingga menjadi salah satu penyebab timbulnya pola mengelompok pada area tertentu yang acak (patchiness) pada ekosistem terrestrial yang sering kita lihat. Pada ekosistem akuatik, komposisi substrat dapat mempengaruhi factor kimiawi dalam air, yang selanjutnya akan mempengaruhi tumbuhan dan hewan penghuni ekosistem akuatik.
f.       Tingkat keasaman atau Ph tanah
Tumbuhan hanya bisa hidup normal dalam suasana tanah yang tidak begitu asam dan basa atau dalam keadaan netral atau Ph 7. Apabila tanah terlalu asam (Ph kurang 7) atau terlalu basa (Ph lebih 7) pertumbuhannya akan terganggu.

C.    Ciri-Ciri Ekosistem Danau
Ciri-ciri ekosistem air tawar antara lain variasi suhu tidak menyolok, penetrasi cahaya kurang, dan terpengaruh oleh iklim dan cuaca. Macam tumbuhan yang terbanyak adalah jenis ganggang, sedangkan lainnya tumbuhan biji. Hampir semua filum hewan terdapat dalam air tawar. Organisme yang hidup di air tawar pada umumnya telah beradaptasi.
Adaptasi organisme air tawar adalah sebagai berikut.
1.    Adaptasi tumbuhan
Tumbuhan yang hidup di air tawar biasanya bersel satu dan dinding selnya kuat seperti beberapa alga biru dan alga hijau. Air masuk ke dalam sel hingga maksimum dan akan berhenti sendiri. Tumbuhan tingkat tinggi, seperti teratai (Nymphaea gigantean) mempunyai akar jangkar (akar sulur). Hewan dan tumbuhan rendah yang hidup di habitat air, tekanan osmosisnya sama dengan tekanan osmosis lingkungan atau isotonis. 
2.    Adaptasi hewan
Ekosistem air tawar dihuni oleh nekton. Nekton merupakan hewan yang bergerak aktif dengan menggunakan otot yang kuat. Hewan tingkat tinggi yang hidup di ekosistem air tawar, misalnya ikan, dalam mengatasi perbedaan tekanan osmosis melakukan osmoregulasi untuk memelihara keseimbangan air dalam tubuhnya melalui sistem ekskresi, insang, dan pencernaan.

D.    Macam-Macam Danau
1.      Berdasarkan Jenis Airnya
Danau yang terbagi didasarkan jenis air nya , menjadi
a.       Danau air tawar yaitu danau yang berair tawar, danau jenis ini memiliki ciri yaitu memiliki pelepasan berupa sungai, contoh danau toba
b.      Danau air asin yaitu danau yang berair asin dimana danau jenis ini tidak memliki pelepasan, karena merupakan akhir dari sungai dan pelepasan hanya merupakan penguapan saja. Contoh : Danau sentani (Papua).
c.       Danau air asam yaitu danau yang airnya berasal dari belerang. dan memiliki ciri : biasanya merupakan kawah gunung berapi yang berisi air hujan dan airnya berwarna hijau kekuning-kuningan. Contoh Danau Tangkuban perahu.
2.      Berdasakan Kapasitas Air
Danau berdasarkan kapasitas airnya , terbagi menjadi 
a.       Danau permanen : yaitu dana yang kapasitas airnya tidak dipengaruhi oleh musim
b.      Danau temporer  yaitu dana yang kapasitas airnya bersifat fluktuaktif (meluap ketika musim hujan dan surut ketika musim kemarau).

3.      Berdasarkan Produksi Materi Organik
Danau berdasarkan produksi materi organiknya, yaitu sebagai berikut.
a.       Danau oligotropik
Oligotropik merupakan sebutan untuk danau yang dalam dan kekurangan makanan, karena fitoplankton di daerah limnetik tidak produktif. Ciri-cirinya, airnya jernih sekali, dihuni oleh sedikit organisme, dan di dasar air banyak terdapat oksigen sepanjang tahun.
b.      Danau eutropik
Eutropik merupakan sebutan untuk danau yang dangkal dan kaya akan kandungan makanan, karena fitoplankton sangat produktif. Ciricirinya adalah airnya keruh, terdapat bermacam-macam organisme, dan oksigen terdapat di daerah profundal.
4.      Berdasarkan Proses Terbentuknya
Berdasarkan proses terbentuknya, danau dibedakan atas beberapa jenis yaitu sebagai berikut :
a.       Danau Tektonik, yaitu danau yang terbntuk oleh tenaga endogen yang bersumber dari gerakan tektonik seperti cekungan-cekungan akibat patahan dan lipatan. Contohnya Danau Tempe, Danau Tondano dan Danau Towuti di Sulawesi.
b.      Danau Vulkanik, yaitu danau bekas gunung api. Air danau berasal dari curah hujan yang tertampung pada lubang kepundan atau kaldera. Contohnya Danau Kawah Gunung Kelud, Gunung Batur, dan Gunung Galunggung.
c.       Danau Vulkano-Tektonik, yaitu danau yang terbentuk karena gabungan proses vulkanik dan tektonik. Patahan atau depresi pada bagian permukaan bumi pasca letusan. Dapur magma yang telah kosong menjadi tidak stabil sehingga terjadi pemerosotan atau patah. Cekungan akibat patahan tersebut kemudian diisi oleh air contohnya Danau Toba di Sumatera.



E.     Pembagian Daerah dalam Ekosistem Danau
1.      Daerah litoral
Daerah ini merupakan daerah dangkal. Cahaya matahari menembus dengan optimal. Air yang hangat berdekatan dengan tepi.Tumbuhannya merupakan tumbuhan air yang berakar dan daunnya ada yang mencuat ke atas permukaan air. Komunitas organisme sangat beragam termasuk jenis-jenis ganggang yang melekat (khususnya diatom), berbagai siput dan remis, serangga, krustacea, ikan, amfibi, reptilia air dan semi air seperti kura-kura dan ular, itik dan angsa, dan beberapa mamalia yang sering mencari makan di danau.
2.      Daerah limnetik
Daerah ini merupakan daerah air bebas yang jauh dari tepi dan masih  dapat ditembus sinar matahari. Daerah ini dihuni oleh berbagai  fitoplankton, termasuk ganggang dan sianobakteri. Ganggang  berfotosintesis dan bereproduksi dengan kecepatan tinggi selama musim panas dan musim semi. Zooplankton yang sebagian besar termasuk Rotifera dan udang-udangan kecil memangsa fitoplankton. Zooplankton dimakan oleh ikan-ikan kecil. Ikan kecil dimangsa oleh ikan yang lebih besar, kemudian  ikan besar dimangsa ular, kura-kura, dan burung pemakan ikan.
3.      Daerah profundal
Daerah ini merupakan daerah yang dalam, yaitu daerah afotik danau.  Mikroba dan organisme lain menggunakan oksigen untuk respirasi seluler setelah mendekomposisi detritus yang jatuh dari daerah limnetik. Daerah ini dihuni oleh cacing dan mikroba
4.       Daerah bentik
Daerah ini merupakan daerah dasar danau tempat terdapatnya bento dan sisa-sisa organisme mati.
Gbr. Berbagai Organisme Air Tawar Berdasarkan Cara Hidupnya
Gbr. Empat Daerah Utama Pada Danau Air Tawar

F.     Fungsi dan Manfaat Ekosistem Danau
Beberapa fungsi dan manfaat danau sebagai ekosistem antara lain : 
1.      sebagai sumber plasma nutfah yang berpotensi sebagai penyumbang bahan genetik; 
2.      sebagai tempat berlangsungnya siklus hidup jenis flora/fauna yang penting, 
3.      sebagai sumber air yang dapat digunakan langsung oleh masyarakat sekitarnya (rumahtangga, industri dan pertanian); 
4.      sebagai tempat penyimpanan kelebihan air yang berasal dari air hujan, aliran permukaan, sungai-sungai atau dari sumber-sumber air bawah tanah; 
5.      memelihara iklim mikro, di mana keberadaan ekosistem danau dapat mempengaruhi kelembaman dan tingkat curah hujan setempat; 
6.      sebagai sarana transportasi untuk memindahkan hasil-hasil pertanian dari tempat satu ke tempat lainnya; 
7.      sebagai penghasil energi melalui PLTA; 
8.      sebagai sarana rekreasi dan objek pariwisata. 
9.      Sebagai sumber air yang paling praktis dan murah untuk kepentingan domestik maupun industri,
10.  Sebagai sistem pembuangan yang memadai dan paling murah (Connell & Miller,1995).
G.    Cara Melestarikan Ekosistem Danau
1.      Jangan membuang sampah dan limbah sembarangan
2.      Jangan jadikan danau sebagai toilet raksasa
3.      Batasi budidaya keramba apung
4.      Batasi kuota penangkapan ikan
5.      Batasi daerah untuk pemancingan
6.      Menjaga hutan disekeliling danau agar tidak ditebang.









BAB III
PENUTUP

A.    KESIMPULAN
1.      Ekosistem danau tersusun atas komponen biotik dan komponen abiotik. Ekosistem danau ditandai oleh adanya bagian perairan yang dalam sehingga tumbuh-tumbuhan berakar tidak dapat tumbuh di bagian ini. Komunitas tumbuhan dan hewan tersebar di danau sesuai dengan kedalaman dan jaraknya dari tepi dengan 4 zona yang digolongkan ke dalam zona litoral, limnetik, profundal dan bentik. Selain itu berdasarkan produksi materi organik-nya danau dikelompokkan menjadi danau oligotropik dan eutropik. Dilihat dari susunan dan fungsinya, ekosistem danau tersusun atas komponen autotrof, heterotrof, decomposer dan abiotik. Sedangkan berdasarkan aliran energi dan kebiasaan hidupnya, hewan yang hidup di danau terdiri dari plankton, nekton, neuston, perifiton dan bentos. Yang mana semua komponen-komponen tersebut saling ketergantungan antar satu dengna lainnya.
2.      Adapun upaya dalam melestarikan dan menjaga ekosistem danau ialah dengan tidak membuang sampah dan limbah sembarangan, membatasi kuota penangkapan ikan, dan menjaga hutan disekeliling danau agar tidak ditebang.







DAFTAR PUSTAKA
Reece, Campbell. Mitchell. 2004. Biologi Edisi Kelima – Jilid 3. Jakarta : Erlangga
Kimball, John W. 1991. Biologi Edisi Kelima-Jilid 3. Jakarta : Erlangga
http://free.vlsm.org/sponsor-pendamping/Pradewa/Biologi


3 comments:

  1. terima kasih infonya. Tapi itu keterangannya ada yang berwarna putih jadi ada yang tidak terlihat.

    ReplyDelete